CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Assalamu'alaikum

Welcome Myspace Comments

Music is my life ...

Hello! Myspace Comments

Wednesday, October 9, 2013

Arsitektur Komputer dan Struktur Kognitif Manusia


Arsitektur Komputer dan Struktur Kognitif Manusia

     A.   Pengertian Arsitektur Komputer

Dalam bidang teknik computer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram, keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitekrut von Neumann, CISC, RISC, blue, gene, dll. Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Arsitektur computer mempelajari atribut-atribut sistem computer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

Perubahan definisi arsitektur komputer:
-          Pada tahun 1950-1960, Arsitektur computer adalah suatu computer aritmatik.
-          Pada tahun 1970-pertengahan1980, Arsitektur computer adalah suatu desain instruksi untuk suatu compiler.
-          Pada tahun 1990, Arsitektur computer adalah suatu bentuk desain CPU, sistem memori, sistem I/O, multi prosesor dan network computer.
-          Pada tahun 2010, Arsitektur computer adalah suatu sistem yang dapat beradaptasi sendiri, struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri, sistem DNA.   


    B.    Struktur Kognisi Manusia

Piaget berpendapat bahwa perkembangan manusia dapat di gambarkan dalam konsep fungsi dan struktur. Fungsi merupakan mekanisme biologis bawaan yang sama bagi setiap orang atau kecenderungan-kecenderungan biologis untuk mengorganisasi pengetahuan kedalam struktur kognisi, dan untuk beradaptasi kepada berbagai tantangan lingkungan. Tujuan dari fugsi-fungsi itu adalah menyusun struktur kognitif internal. Sementara struktur merupakan intereasi (saling berkaitan) sistem pengetahuan yang mendasari dan membimbing tingkah laku inteligen. Struktur kognitif diistilahkan dengan konsep skema, yakitu seperangkat keterampilan, pola-pola kegiatan yang fleksibel yang denganya manusia memahami lingkungan.
Ausubel merupakan seorang tokoh yang mengemukakan bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang.

       C.      Kaitan Antara Struktur Kognisi Manusia dan Arsitektur Komputer


Ada bagian pokok arsitektur komputer, yang pertama adalah Instructure Set Architecture, yaitu spesifikasi yang  menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer. Yang kedua adalah Hardware System Architacture, yaitu meliputi sub sistem hardware dasar yaitu CPU, memori dan I/O sistem. Sedangkan bagian kognisi manusia adalah otak. Tanpa otak, tidak adanya kognisi manusia dan manusia tidak dapat berpikir.
Kognisi manusia yang merupakan anugerah dari yang maha  kuasa dan tak terhingga nilainya. Kognisi manusia dapat membantu manusia didalam proses berpikir. Secara singkat perbedaan mendasar antara kognisi manusia dan komputer adalah komputer tidak dapat berfungsi secara manual melainkan adanya user yang menjalankannya, dan adapun programmer yang memprogram setiap yang berjalan didalam computer. Adapun komputer yang bersifat mandiri tentu sudah diprogramkan terlebih dahulu agar bisa berfungsi sendiri. Sedangkan kognisi manusia pada dasarnya berjalan secara otomatis. Manusia hanya perlu berpikir agar kognisinya dapat berjalan. Kognisi manusia tidak memerlukan user lain untuk menjalankannya. User kognisi manusia adalah manusia itu sendiri.  Maka bisa dikatakan secanggih apapun suatu sistem pada komputer tidak akan berguna apabila digunakan oleh user yang tidak berkompeten.
Kognitif merupakan aspek-aspek struktur intelek yang digunakan untuk mengetahui sesuatu. Struktur kognitif meliputi sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi, dalam teori-teori kognisi mengandung struktur pengetahuan atau struktur kognisi yang terbangun sepanjang hidup seseorang, sebagai hasil dari pengalamannya dan kontak-kontak sosialnya. Pandangan kognitif dalam bidang informasi dianggap berbeda dari pandangan kognitif tentang kerja otak manusia. Dalam konteks informasi, pandangan kognitif menekankan pada pengembangan model pemrosesan informasi dalam kerja otak dan kesadaran manusia.
Kaitannya struktur kognisi manusia dan arsitektur computer adalah sama-sama dapat memproses informasi yang masuk kedalam sistem. Apabila arsitektur computer sedang mengalami kerusakan, atau ada elemen-elemen tertentu yang rusak akan membuat terhambat atau tidak masuknya informasi kedalam computer. Begitu juga kognisi manusia, apabiloa manusia sedang mengalami stress atau hal-hal yang berupa gangguan didalam otak, maka informasi yang masuk kedalam kognisi manusia akan terhambat atau tidak berjalan dengan sempurna dan kemungkinan informasi tersebut tidak dapat diproses oleh struktur kognisi manusia.


   D.  Kelebihan dan Kelemahan Arsitektur Komputer dibandingkan Struktur Kognisi Manusia



Arsitektur komputer yang mungkin terlihat canggih dimata manusia karena dapat memproses apapun yang masuk kedalam sistemnya, ataupun sistem operasinya yang sudah canggih, dan dapat membantu manusia dalam melakukan sesuatu yang berbentuk data, pastinya arsitektur computer memiliki kekurangan disamping kelebihannya yang lain. Begitu juga struktur kognisi manusia. Struktur kognisi manusia yang sudah sempurna yang diberikan oleh sang pencipta, ada memiliki kekurangan melainkan bukan dari strukturnya tetapi dari bekerja otak. Otak yang akan bekerja dengan cepat dan baik setiap stimulus atau informasi yang masuk kedalam panca inderanya, akan langsung diproses dan nantinya akan berguna bagi manusia. Tetapi apabila manusia sedang mengalami gangguan-gangguan psikologis yang membuat manusia tidak berjalan dengan baik kerja otaknya, seperti stress, maka setiap informasi yang masuk tidak sepenuhnya dapat masuk kedalam kognisinya manusia. Struktur kognisi manusia harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Apabila struktur manusia mengalami kerusakan, akan sulit untuk membuatnya baik seperti sebelum rusak. Dan apabila terjadi gangguan didalam struktur kognisi, akan membahayakan manusia. Karena sistem atau saraf yang ada didalam otak saling berhubungan satu sama lain seperti halnya arsitektur computer. Namun, apabila arsitektur computer mengalami kerusakan akan sangat bisa diperbaiki dan dibuat baik seperti sebelumnya. Karena arsitektur computer adalah buatan manusia yang didalamnya juga ada hubungannya dengan kognisi manusia yang bekerja untuk menciptakan computer. Dan untuk memperbaiki arsitektur computerpun, tidak semahal dan sebesar pengeluaran yang akan dikeluarkan untuk memperbaiki struktur kognisi manusia. Untuk menggunakan komputerpun, membutuhkan daya listrik agar dapat hidup dan bekerja. Namun struktur kognisi manusia tidak membutuhkan daya listrik agar dapat hidup. Struktur kognisi manusia akan hidup apabila manusia itu sendiri hidup dan memperkerjakannya untuk berpikir. Sama hal nya seperti jika kognisi manusia tidak diasah atau dipergunakan atau tidak dibawa untuk berpikir, maka kognisi manusia akan menjadi lambat. Tidak banyaknya informasi yang masuk kedalamya. Dan kognisi manusia tidak bisa memberikan nformasi yang dibutuhkan untuk dikeluarkan yang akan menjadi bermanfaat bagi manusia. Jadi, kognisi manusia juga harus dipergunakan dan diasah, diberi informasi-informasi atau pengertahuan-pengetahuan yang baru yang nantinya akan berguna bagi manusia.

Contoh kasus :

       Bagaimana seorang mahasiswa yang mendapatkan pengetahuan dan informasi baru pada saat menghadiri dan mengikuti perkuliahan didalam kelas.

Analisis Kasus :

      Apabila stimulus yang masuk pada mahasiswa yang mengikuti perkuliahn tersebut diproses dan dipersepsikan didalam otak, maka informasi tersebut akan masuk kedalam memori. Memori manusia ada dua. Memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Informasi yang masuk tadi, apabila diulangi dan terus diulangi oleh mahasiswa, kemungkinan besar akan masuk kedalam memori jangka panjang. Tetapi apabila tidak diasah, maka hanya akan bertahan sebentar dan masuk kedalam memori jangka pendek. Sangat unik kerjanya kognisi manusia. Berbeda dengan arsitektur computer yang setiap informasi masuk kedalam sistem, hanya ada dua kemungkinan informasi tersebut akan bertahan lama didalamnya. Yaitu, informasi tersebut disimpan dengan baik didalam computer itu sendiri, atau dipindahkan kedalam perangkat ekternal yang dapat menyimpan informasi tersebut. Dan apabila user tidak menginginkan informasi tersebut, maka user dapat membuangnya atau menghapusnya dari sistem computer. Dengan seketika akan terhapus meskipun informasi tersebut masih ada didalam suatu tempat dimana tempat tersebut berisi dengan informasi-informasi yang dihapus, namun tetap saja user masih dapat membuangnya atau menghapusnya. Berbeda dengan kognisi manusia yang membutuhkan waktu lama untuk menghapus suatu informasi yang sudah masuk kedalam otaknya apalagi informasi tersebut telah dipersepsikannya menjadi sesuatu yang berguna. Namun ada kalanya informasi yang masuk kedalam kognisi manusia hanya sesaat bahkan tidak kurang dari satu detik apabila manusia tidak mempersepsikan informasi tersebut dan tidak memprosesnya kedalam struktur kognisinya.


                                                                    
Sumber :
Leoneal. (2012). Analisa Perbedaan Struktur Kognisi Manusia dan Arsitektur Komputer. http://leon.blogdetik.com/2012/11/14/analisa-perbedaan-struktur-kognitif-manusia-dan-arsitektur-komputer/. Diakses pada tanggal 08 Oktober 2013.

No comments:

Sekian.. ^^ Please leave your comment..

Bye Myspace Comments